
VISI DAN MISI
VISI
Menjadi lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak yang unggul dalam membentuk generasi Qur’ani yang beraqidah lurus, berakhlaq mulia, taat beribadah, muslih, kreatif, disiplin dan mandiri.
MISI
- Menanamkan dasar-dasar keImanan dan tata cara ibadah yang benar
- Menanamkan nilai-nilai akhlaq mulia yang sesuai dengan perkembangan usia anak
- Menanamkan kecintaan membaca, menghafal dan mengamalkan Al-Qur’an dengan benar
- Menciptakan proses belajar yang kondusif, kreatif dan menyenangkan
- Membangun kerjasama dengan orang tua santri dalam rangka pembentukan karakter anak
KURIKULUM
Sistem Kurikulum
Sisitem kurukulum disusun dengan alternetif kurikulum yang menitikberatkan pada materi – materi Diniyah dan Al-Qur’an yang sangat penting untuk dipelajari dan diamalkan oleh anak – anak , serta beberapa materi yang menunjang perkembangan kognitif, efektif dan psikomotorik anak.
Stuktur dan Muatan Kurikulum
BIDANG PENGEMBANGAN PEMBIASAAN PEMBENTUKAN PERILAKU
- Aqidah
- Akhlaq
- Fiqih Ibadah
- Tarikh
- Sosial, Emosional, dan Kemandirian
BIDANG PENGEMBANGAN KEMAMPUAN DASAR
- Berbahasa
- Kognitif
- Fisik dan Motorik
- Seni
PROGRAM PENGEMBANGAN KEILMUAAN
- Hafalan Al-Qur’an
- Hafalan Al-Hadits
- Hafalan Do’a dan Dzikir
- Bahasa Arab
- Membaca Huruf Arab
- Menulis Huruf Arab
- Membaca Huruf Latin
- Menulis Huruf Latin
- Berhitung Dasar
Program Unggulan
1.Tahfidz Al-Qur’an
– Menanamkan adab dan kecintaan mambaca dan menghafalkan
Al-Qur’an.
– Membaca dan menghafalkan Al-Qur’an dengan benar sesuai
dengan kaidah tajwid yang disesuaikan dengan usia anak.
– Tercapainya terget yang telah ditentukan yaitu juz 30
– Rincian target: lancar membaca iqro’ jilid 1-6 selama 6 bulan
dan hafalan setengah juz di TK A dan setengah juz nya di TK B.
2.Tahfidz Al-Hadits
– Menghafal 40 hadits dengan lancar dan benar yaitu TK A Hafal 20
hadits dan TK B hafal 20 hadits
3.Pembiasaan Akhlaq Mulia
Membiasakan adab dan sikap/karakter yang baik dalam setiap kegiatan yaitu:
A. Adab
– Adab terhadap Allah dan RasulNya – Adab sholat – Adab terhadap guru – Adab dalam bermain – Adab terhadap orang tua – Adab ketika belajar – Adab Terhadap teman – Adab ketika berdo’a – Adap dalam membaca Qur’an – Adab ketika berjalan – Adab dalam makan – Adab ketika bertemu – Adab keka ke kamar mandi – Adab di masjid – Adab masuk dan keluar kelas – Adab berpakaian – Adab dalam kelas / bermajelis – Adab berbicara – Adab dalam wudhu – Adab menjenguk orang sakit dll
B. Sikap / Karakter
-Mengenal Alloh, Rasul dan Agama – Mandiri -Ikhsan – Disiplin -Jujur – Berbagi -Ikhlas – Bersih -Sabar – Persaudaraan -Syukur – Rajin -Taqwa – Kuat -Kasih sayang – Khusyu’ -Rendah hati – Amanah -Tanggungjawab – Dan lin-lain
NILAI KARAKTER PENDIDIK/GURU TK
Nilai yang harus terbangun dalam diri pendidik/guru TK adalah:
- Amanah : Menunaikan tugas dengan penuh tanggung jawab
- Qudwah : Memberikan suri tauladan yang baik
- Ukhuwah : Menjalin kerjasama yang efektif
Guna memudahkan untuk diingat dan diamalkan, maka bisa disingkat dengan AQU
PRINSIP-PRINSIP YANG WAJIB DIMILIKI PENDIDIK/GURU TK
- Disiplin : Setiap guru wajib mendisiplinkan dirinya dan siswanya
- Efektif : Setiap guru wajib menggunakan waktu proses belajar dengan sebaik mungkin
- Konsisten : Setiap guru harus konsisten dengan kegiatan-kegiatan yang sudah disepakati
- Antusias : Setiap guru harus memulai proses belajar mengajar dengan semangat dan antusiasme yang tinggi
- Tanggung jawab : Setiap guru wajib melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab
- Ikhlas : Setiap guru wajib mengikhlaskan niat karena Alloh Guna memudahkan untuk diingat dan diamalkan, maka prinsip-prinsip ini bisa disingkat dengan DEKATI